Perawatan Ayam Birma Untuk Sabung Ayam

0
53

Dalam dunia sabung ayam memang sudah tidak asing kita mengenal ayam birma. Ayam birma berasal dari burma. Orang Indonesia menyebut ayam ini dengan nama ayam birma. Ayam ini menjadi primadona di Indonesia sejak lama. Karena ketangguhan yang ada pada ayam birma ini. Bagi sebagian orang melihat ayam birma memang sangat tangguh. Akan tetapi juga ada kekurangan atau bagian yang menjadi kelemahan dari ayam birma ini. Jangan sampai Anda tertipu dengan penawaran dari orang yang menjual ayam dengan menawarkan ayam birma asli. Karena ayam yersebut memiliki ciri-ciri khusus untuk membedakannya. Bukan hanya untuk ayam aduan. Ayam yersebut juga dapat untuk kita ikutkan kontes ayam, yaitu penilaian dari bentuk ayambtersebut. Karena bentuk dari ayam tersebut memiliki kelebihan yang banyak. Damri segi postur sangat sempurna. Dalam arena pertarungan juga sangat layak untuk menjadi ayam oetarung yang tangguh.

Untuk merawat ayam birma ini juga harus melakukan perawatan yang ekstra. Karena jika hanya mempunyai saja tanpa merawat ayam tersebut, hasilnya akan jelek untuk disabungkan. Berbeda dengan ayam jenis lainya yang hanya memikirkan pada perawatan dari makanan ya saja. Akan tetapi untuk jenis ayam birma ini harus melakukan perawatan dari ujung kaki sampai ke ujung kepala ayam tersebut.

Perawatan Yang Harus Dilakukan Untuk Ayam Birma

Untuk melakukan perawatan bagi ayam birma yang harus perlu kalian tahu adalah dari perawatan sejak kecil. Berbeda perawatan bagi ayam biasanya, yang mulai dirawat sejak ayam tersebut keliatan bagus. Akan tetapi untuk ayam birma ini perlu dilakukan perawatan sejak usianya masih kecil, agar nantinya dapat tangguh di arena sabung ayam.  Bagi kalian yang berminat untuk memelihara ayam jenis ini saya sarankan untuk mempersiapkan dulu dari bagian kandang, informasi serta cara merawat dari ayam tersebut.

Untuk kandang dari ayam birma diusahakan lebih luas lagi. Karena kandang yang sempit akan merusak dadi bulu ayam tersebut. Selain itu masa perkembangan dari ayam tersebut kurang. Dengan bertanding di arena pertandingan ayam tersebut akan kaget saat bertemu dengan lawan yang lebih tinggi. Untuk kandang usahakan memiliki lahan untuk melepaskan ayam tersebut. Akan tetapi tetap memperhatikan dari ayam tersebut agar tidak lepas dan berkeliaran ke lur kandang. Karena jika terlepas dari kandang tanpa pengawasan akan bertemu dengan ayam lain yang juga jantan. Itu akan membuat mental dari ayam birma down.

Pelatihan yang rutin harus dilakukan oleh pemilik dari ayam tersebut agar nantinya jika ayam tersebut akan bertanding sudah memiliki mental yang kuat. Akan tetapi joka ayam tersebut jarang untuk dilatih aduan, saat bertanding ayam tersebut kebingungan dan mudah untuk dikalahkan. Dengan begitu rajin serta memantau perkembangan ayam tersebut sangat berpengaruh bagi kemampuan ayam birma tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai ayam birma, sebelum kalian terjun langsung untuk memelihara, sebaiknya tanya-tanya dulu kepada orang yang sudah berpengalaman.

Demikian tadi sedikit penjelasan mengenai perawatan dari ayam birma yang akan digunakn untuk sabung ayam. Pilihlah ayam yang berkualitas bagus. Jangan sampai Anda tertipu dengan pedagang yang menjual ayam silangan. Dan juga rutin dalam gak perawatan itu yang berpengaruh bagi ayam untuk dapat tampil bagus dalam arena pertarungan ayam. Semoga bermanfaat bagi Anda tulisan di atas mengenai ayam birma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here