Cara Memandikan Ayam Untuk Persiapan Sabung Ayam

0
45

Dalam dunia sabung ayam  fikiran kita langsung tertuju pada ribetnya perawatan ayam tersebut. Pada kenyataanya tidakbegitu sulit dalam hal perawatan ayam yang menjadi aduan. Hanya dalam perawatan ayam aduan perlu di butuhkan ke rutinan saat merawatnya. Sebuah contohnya yaitu dengan rajin dan tertib pada jamnya memberikan pakan kepada ayam. Dengan tepat waktu saat memberikan pakan kepada ayam aduan dapat meningkatkan nafsu makan ayaam tersebut, dan otomatis akan kebaljuga dari penyakityang menyerangnya. Saat kita memberikan pakan padaa jam 8 pagi dan jam 3 sore, makadi hari berikutnya yaitu harus pada waktu yang sama.

Selain pemberian pakan, hal yang harus di perhatikan adalah dari cara memandikan ayam tersebut agar tidak stress saat kita mandikan. Bukan sperti memandikan hewan peliharaan lainnya, tetapimembutuhkan ketelitian dan ke hati-hatian dalam melakukan proses memandikan ayam aduan ini. Karena memang rawan stress dan efeknya yaitu nafsu makan berkurang, dan otomatis akan mengurangi tenaga saat bertarung. Akan adaa hubungan antara efek yang di berikan ketika kita tidak jeli dalam merawat hewan satu ini. Waktu memandikannya pun juga harus tepat yaitu pada pukul 08.00 pagi. Tetapi jikacuaca dirumah anda mendung atau sudah turun hujan maka jangan memandikan ayam tersebut. Karena dipastikan tidak memperoleh sinar matahari yang cukup untuk menghangatkan diri setelah mandi.

Cara Yang Benar Saat Memandikan Ayam

Berikut saya jelaskan mengenai tata cara memandikan ayam aduan dengan benar, agar dapat tampil memuaskan saat sabung ayam.

  1. Yang pertama di pegang pada kepalanya agar bias tenang dan di basuh dengan busa yang halus.
  2. Basuh bagian atas sampai ujung bawah dengan menggunakan kain atau bias juga menggunakan handuk yang halus.
  3. Daerah kloaka ini sebisa mungkin harus di bersihkan, karena daerah tersebut rawan akan kotoran.
  4. Setelah itu membersihkan bagian sayap secara perlahan dan juga ketiak serta kaki ayam.
  5. Dubur ayam juga tidak lupa di bersihkan.
  6. Catatan bagi yang memandikan ayam pada bagian punggung jangan sering di basuh. Karena jika keseringan di basuh maka bulu tersebut akan mudah kusut.
  7. Ingat juga jika ingin membasuh dengan handuk, maka hal yang perlu di perhatikan yaitu dengan memeras terlebih dahulu handuk tersebut agar tidak terlalu banyak menampung air saat di basuhkan.
  8. Setelah semuanya beres yaitu langkah selanjutnya adalah mengurung ayam tersebut untuk di jemur.

Saat penjemuran ayam jangan sampai lalai ditinggal terlalu lama. Hal tersebut malah akan dapat membuat ayam tersebut trauma saatmaudi mandikan lagi. Pastikan juga alas untuk menjemur di bawah kurungan tersebut ada, untuk mengantisipasi ayam berguling-guling dan membuat ayam tersebut kotor lagi. Penjemuran ayam di maksudkan untuk mengurangi lemak di tubuh ayam petarung tersebut. dengan sering di jemur setelah mandi akan mengurangi lemak yang menempel pada tubuh ayam tersebut. setelah semuanya beres, ayam bisa di kembalikan ke kandangnya lagiuntuk di berikan pakan serta vitamin lainnya.

Demikian tadi penjelasan mengenai perawatan dan tata cara memandikan ayam untuk perisapan sabung ayam. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mengetahui cara-cara yang baik merawat ayam dan dapat menjadi petarung andalan di arena pertandingan. Usaha tidak menghianati hasil yang di terima. Jikakita serius merawat maka ayam akan menunjukkan kemampuan bertandingya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here